ILMU KESEHATAN MASYARAKAT Pengertian Kesehatan Masyarakat Menurut Winslow (1920) bahwa Kesehatan Masyarakat (Public Health) adalah Ilmu dan Seni : mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan, melalui “Usaha-usaha Pengorganisasian masyarakat “ untuk : (Notoatmodjo, 2003).1. Perbaikan sanitasi lingkungan
Menunjang percepatan penurunan AKI dan AKB di Indonesia melalui upaya pemberdayaan masyarakat.b. Tujuan Khusus· Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dasar sehingga menurunkan AKI dan AKB· meningkatkan peran lintas sektor dlm penyelanggaraan posyandu
· meningkatkan cakupan dan jangkauan yankesdas
Sasaran posyandu adalah seluruh masyarakat terutama :1. Bayi
2. Anak balita
3. Ibu hamil, Ibu melahirkan, Ibu nifas dan Ibu menyusui
4. Pasangan Usia Subur (PUS)
Fungsi Posyandu :1. Sebagai wadah pemberdayaan masy dlm alih informasi dan keterampilan
2. Sebagai wadah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dasar
Manfaat Posyandu :1. Bagi masyarakat
2. Bagi kader, pengurus posyandu dan tomas
3. Bagi puskesmas
4. Bagi sektor lainLokasi dan pembentukan :Ø Di desa/kelurahan à RW, dusun atau sebutan lain yang sesuai
Ø Satu posyandu melayani sekitar 80-100 balita
2. Puskesmas
o pembangunan kesehatan
o pertanggungjawaban penyelenggaraan
o wilayah kerja
Visi Puskesmas :Tercapainya kecamatan sehat menuju terwujudnya Indonesia sehat.
2. Perilaku sehat
3. Cakupan pelayanan kesehatan yang bermutu
4. Derajat kesehatan penduduk kecamatan
Misi Puskesmas :1. Menggerakan pembangunan berwawasan kesehatan di wilayah kerjanya.
2. Mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat di wilayah
3. Memelihara dan meningkatkan mutu, pemerataan, dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan Puskesmas.
4. Memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan, keluarga, dan masyarakaat beserta lingkungannya (Depkes, 2004).
Fungsi Puskesmas :1. Pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan
2. Pusat pemberdayaan mayarakat
3. Pusat pelayanan kesehatan strata pertama
a. pelayanan kesehatan perorangan b. pelayanan kesehatan masyarakatProgram kesehatan puskesmas :a. Upaya kesehatan wajib (Program Basic six) :
1. Upaya Promosi Kesehatan.
2. Upaya Kesehatan Lingkungan.
3. Upaya kesehatan Ibu dan Anak serta Keluarga Berencana.
4. Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat.
5. Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular.6. Upaya Pengobatab. Upaya kesehatan pengembangan :1. Upaya Kesehatan Sekolah.
2. Upaya Kesehatan Olah Raga.
3. Upaya Perawatan Kesehatan Masyarakat.
4. Upaya Kesehatan Kerja.5. Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut.
6. Upaya Kesehatan Jiwa.
7. Upaya Kesehatan Mata.
8. Upaya kesehatan Usia Lanjut.
9. Upaya Pembinaan Pengobatan Tradisional.
Upaya laboratorium medis dan laboratorium kesehatan masyarakat serta upaya pencatatan pelaporan merupakan pelayanan penunjang dari setiap upaya wajib dan upaya pengembangan Puskesmas.3. Rumah sakitRumah Sakit adalah : institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat (UU no 44, 2009)Rumah sakit merupakan organisasi yang padat modal, padat SDM, padat teknologi & IP serta padat regulasi.
Perkembangan RS :a. Pada fungsi yg dimilikinya
b. Pada ruang lingkup kegiatan yg dilakukan
c. Pada masing2 fungsi yg dimilikinya
d. Pada kepemilikan RSJenis RS :a. Menurut pemiliknya
b. Menurut filosofi yg dianut
c. Menurut jenis yan yg diselenggarakan
d. Menurut lokasi RSKlasifikasi RS : Rumah Sakit Umum Kelas A adalah rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik paling sedikit 4 (empat) spesialis dasar, 5 (lima) spesialis penunjang medik, 12 (dua belas) spesialis lain dan 13 (tiga belas) subspesialis
Rumah Sakit Umum Kelas B adalah rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik paling sedikit 4 (empat) spesialis dasar, 4 (empat) spesialis penunjang medik, 8 (delapan) spesialis lain dan 2 (dua)subspesialis dasar. Rumah Sakit Umum Kelas C adalah rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik paling sedikit 4 (empat) spesialis dasar dan 4 (empat) spesialis penunjang medik. Rumah Sakit Umum Kelas D adalah rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik paling sedikit 2 (dua) spesialis dasar.Klasifikasi RSK :· Rumah Sakit Khusus kelas A adalah Rumah Sakit Khusus yang mempunyai fasilitas dan kemampuan paling sedikit pelayanan medik spesialis dan pelayanan medik subspesialis sesuai kekhususan yang lengkap.· Rumah Sakit Khusus kelas B adalah Rumah Sakit Khusus yang mempunyai fasilitas dan kemampuan paling sedikit pelayanan medik spesialis dan pelayanan medik subspesialis sesuai kekhususan yang terbatas.· Rumah Sakit Khusus kelas C adalah Rumah Sakit Khusus yang mempunyai fasilitas dan kemampuan paling sedikit pelayanan medik spesialis dan pelayanan medik subspesialis sesuai kekhususan yang minimalIzin RS :Izin Rumah Sakit dapat dicabut jika:a. Habis masa berlakunya;b. tidak lagi memenuhi persyaratan dan standar;c. terbukti melakukan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan;dan/ataud. atas perintah pengadilan dalam rangka penegakan hukum.SDM RS :1. Tenaga kesehatan yang meliputi: medis (dokter), paramedis(perawat) dan paramedis non keperawatan2. Tenaga non kesehatan yaitu bagian keuangan, administrasi, personalia dll.Model manajemen SDM RS : 7P1. Perencanaan.2. Penerimaan.3. Pengembangan.4. Pembudayaan.5. Pendayagunaan.6. Pemeliharaan.7. Pensiun.C. Institusi Pelayanan Kesehatan di Indonesia
Sistem informasi kesehatan sangat di butuhkan dalam lingkup kesehatan dalam hal ini seperti rumah sakit puskesmas dll. Karena sistem itu sangat membantu tugas SDM di dalam dinas kesehatan untuk melayani pasien di rumah sakit maupun di puskesmas. Contoh sistem informasi kesehatan yaitu sistem rekap medis yang masih manual atau belum berbasis IT.
- Kegiatan Administrasi
- Objek dan Subjek Administrasi
- Dapat dikelola sumber, tata cara dan kesanggupan secara efektif dan efisien.
- Dapat di penuhi kebutuhan dan tuntutan secara tepat dan sesuai.
- Dapat disediakan dan diselenggarakan upaya kesehatan sebaik-baiknya.
Pelayanan
kedokteran
|
Pelayanan
kesehatan masyarakat
|
|
|
- Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yang dimaksud dengan pelayanan kesehatan tingkat pertama adalah pelayanan kesehatan yang bersifat pokok, yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat serta mempunyai nilai strategis untuk mengkatkan derajat kesehatan masyarakat.
- Pelayanan kesehatan tingkat dua, yang dimaksud dengan pelayanan kesehatan tingkat dua adalah pelayanan kesehstsn yang lebih lanjut, telah besifst rawat inap dan untuk menyelengarakannay telah dibutuhkan tersediannya tenaga-tenaga spesialis.
- Pelayanan kesehatan tingkat ketiga, yang dimaksud pelayanan kesehatan tingkat ketiga adalah pelayanan kesehatan yang bersifat lebih kompleks dan umumnya diselengarakan oleh tenaga-tenaga subspesialis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar